Powered by Blogger.

Tuesday, December 20, 2016

Pedoman Terbaru Penilaian Kurikulum 2013 Permendikbud 23 Tahun 2016 SD/SMP/SMA

author photo
Hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan Kurikulum 2013 tingkat SMP pada 2014 menunjukkan bahwa salah satu kesulitan pendidik dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 adalah dalam melaksanakan penilaian. Sekitar 60% responden pendidik menyatakan, mereka belum dapat merancang, melaksanakan, mengolah, melaporkan, dan memanfaatkan hasil penilaian dengan baik. Kesulitan utama yang dihadapi pendidik: merumuskan indikator, menyusun butir-butir instrumen, dan melaksanakan penilaian sikap dengan berbagai macam teknik. Selain itu, banyak di antara pendidik yang kurang percaya diri dalam melaksanakan penilaian keterampilan. Mereka belum sepenuhnya memahami bagaimana menyusun instrumen dan rubrik penilaian keterampilan.


Mulai semester 2 atau genap ini penilaian kurikulum 2013 yang berupa juknis atau buku petunjuk SD, SMP, SMA maupun SMK untuk penilaian hasil belajar peserta didik memasuki pedoman baru dalam revisi kurikulum 2013 yang mengacu pada Permendikbud nomor 23 tahun 2016, beberapa perubahan yang kami sampaikan untuk K13 pada acuan Permen 23 tahun 2016 ini adalah sebagai berikut untuk Kriteria ketuntasan minimal/KKM memberikan acuan yang cukup jelas. seperti gambar berikut ini.

Contoh Kriteria dan skala penilaian penetapan KKM Untuk memudahkan analisis setiap KD, perlu dibuat skala penilaian yang disepakati oleh guru mata pelajaran.
Tabel 1. Kriteria dan Skala Penilaian Penetapan KKM. 

Aspek yang dianalisis
Kriteria dan Skala Penilaian
Kompleksitas
Tinggi
< 65
Sedang
65-79
Rendah
80-100
Daya Dukung
Tinggi
80-100
Sedang
65-79
Rendah
<65
Intake peserta didik
Tinggi
80-100
Sedang
65-79
Rendah
<65

Satuan pendidikan yang memilih KKM berbeda untuk setiap mata pelajaran, memiliki konsekuensi munculnya interval nilai dan predikat yang berbeda-beda, diilustrasikan berikut.
KKM mata pelajaran Matematika adalah 60.
Maka nilai C (cukup) dimulai dari 60. Panjang interval nilai untuk mata pelajaran Matematika dapat ditentukan dengan cara:
(nilai maksimum - nilai KKM) : 3 = (100-60) : 3 = 13,3
Sehingga panjang interval untuk setiap predikat 13 atau 14.
Karena panjang interval nilainya 13 atau 14, maka untuk mata pelajaran Matematika interval nilai dan predikatnya sebagai berikut.
Tabel 2. Contoh Interval Nilai dan Predikatnya untuk KKM 60.

Interval Predikat
Predikat
Keterangan
> 87 - 100
A
Sangat Baik
> 73 - 87
B
Baik
≥ 60 - 73
C
Cukup
< 60
D
Kurang

Pada contoh di atas, panjang interval untuk predikat C dan B yaitu 14, sedangkan predikat A panjang intervalnya 13.

Silahkan lihat di bawah ini:

Download:
  • Permendikbud No. 23 Tahun 2016 download
  • Panduan Penilaian SMP K13 Permen 23 Tahun 2016 download
Next article Next Post
Previous article Previous Post